Ternyata Menggunakan Software Bajakan Itu Haram, Ini Penjelasannya

FKDT KECAMATAN CIKONENG - Sekarang akan kami bahas tentang Ternyata Menggunakan Software Bajakan Itu Haram, Ini Penjelasannya, Lanjutkan membaca artikel ini sampai tuntas untuk menambah wawasan anda seputar dunia FKDT dan artikel keagamaan lainnya.

Lagi-lagi saya harus berterima kasih kepada alkhoirot.net yang telah mengingatkan saya dalam penggunaan software bajakan, awalnya saya sedang nongkrong di sebuah forum, ada member yang bertanya apakah bisnis di Google Adsense itu halal, dan alkhoirot sendiri sudah memastikan bahwa bisnis internet dengan Mitra Google Adsense itu halal asalkan tidak bermain curang, mengikuti aturan yang diberikan Google dan memfilter iklan yang sensitif, untungnya di Google sudah disediakan fitur itu.



Kemudian merembet ke software yang selama ini digunakan untuk membuat blog yang menjadi mitra Google Adsense, apakah software yang dijalankan di komputer kita sudah halal?.. Saya merenung sendiri, oh ternyata selama ini tidak disadari bahwa saya ini menggunakan software bajakan, parahnya lagi saya menggunakan OS dan software dengan menginstall sendiri. Kemudian saya browsing untuk meyakinkan hukum menggunakan OS dan software bajakan, dan ternyata hampir semua Ulama di Indonesia menyatakan bahwa itu hukumnya haram, karena sama dengan mencuri, bayangkan saja, produsen software, katakanlah Microsoft sebagai pengembang Sistem Operasi Windows tidak rela software buatannya dibajak orang, sedangkan mereka mengembangkannya dengan kerja keras begadang tiap malam dan mengeluarkan biaya triliyunan.

Di Indonesia sudah menjadi lumrah menggunakan software bajakan, bisa dipahami sebenarnya. Di saat masyarakat membutuhkan teknologi terkini untuk membantu aktifitas pekerjaan sehari-hari, sedangkan software yang bagus tidak ada yang murah. Bayangkan saja, andai di komputer kita semua softwarenya original, pasti biaya yang harus dikeluarkan untuk melengkapi komputer sebagai pembantu aktifitas sehari-hari membutuhkan biaya hingga puluhan juta rupiah. Misalkan OS Windows, aplikasi Photoshop, Microsoft Office, Corel Draw, Anti Virus dan lain-lainnya di komputer kita original. Bobol juga kantong. Duh.. Bagaimana ini.

"Sekarang sudah jelas bahwa menggunakan software bajakan itu haram, jadi jika kita tidak mampu untuk menghindarinya, maka kita jangan berbisnis yang berhubungan dengan komputer. Atau jika ada dana, belilah software yang asli dengan lisensi resmi".

Solusi
lalu bagaimana solusinya?.. Tenang kawan, masih banyak jalan menuju Roma. Makannya saat kita beli Laptop, usahakan membeli Laptop yang sudah ada OS di dalamnya, itu artinya kita membeli Laptop sekaligus lisensi OS-nya. Biasanya perbedaan harga antara Laptop yang masih kosong dengan yang berisi OS itu sekitar 500 ribu sampai 1 juta.

Solusi Kedua
Nah, cara yang kedua ini yang patut kita kembangkan dan pelajari. Yaitu dengan memasang OS yang Open Source, semisal Linux, Chrome OS dan masih banyak lagi di luar sana. Yang punya dan pengembang OS tersebut sudah ridho lillahi ta'ala untuk digunakan seumur hidup sekalipun, inilah software yang 100 persen halal. Saya ulas selintas keunggulan OS Linux dari Windows.

Kelebihan Linux dibanding Windows


  • Linux itu gratis dan bebas, kita bisa sesuka hati memasang, menggunakan dan memodifikasi software.
  • Tidak perlu biaya, karena semuanya serba gratis.
  • Sistem Operasi Linux banyak macamnya, di Laptop Jadul pun bisa dijalankan. Anda tinggal pilih distro yang cocok untuk komputer atau Laptop anda.
  • Didukung oleh pengembang di seluruh dunia.
  • Dijamin 100 persen halal, karena yang punya sudah ridho.


Saya mengajak kepada semuanya untuk meninggalkan OS bajakan dan berhijrah ke Linux. Saya juga sudah menggunakan Linux saat ini, ya walaupun jauh dari kata memuaskan, tapi ini harus saya lakukan. Saya sudah membahas Keunggulan Sistem Operasi Linux vs Windows, di darmacaang.me silakan ke sana.

Oke, demikian ulasan Hukum Software bajakan, semoga bermanfaat. Mari tolong-menolonglah dalam kebaikan dan taqwa, dan jangalah tolong-menolong dalam maksiat dan permusuhan. Terima kasih.

by: Ujang Uung Muhamad Masrur



Baiklah, demikian ulasan kami mengenai Ternyata Menggunakan Software Bajakan Itu Haram, Ini Penjelasannya, semoga bermanfaat bagi anda pembaca http://fkdtcikoneng.blogspot.com/. Terima kasih atas kunjungannya.

Artikel Terkait Ternyata Menggunakan Software Bajakan Itu Haram, Ini Penjelasannya :

Powered by Blogger.